About

Data Science Center LST FMIPA UI

DATA SCIENCE CENTER

Lembaga Sains Terapan FMIPA Universitas Indonesia

Berdasarkan SK Ketua UKK Nomor: 352/UN2.F3.UKK.K1/SDM.0002/2018 pada tanggal 3 Desembar 2018 Pusat Data Sains (Data Science Center-DSC) yang berada di dalam Lembaga Sains Terapan FMIPA UI secara resmi dibentuk dengan Ketuanya: Assoc. Prof. Alhadi Bustamam, S.Si, M.Kom, Ph.D dari Departemen Matematika FMIPA UI yang juga menjabat sebagai Ketua Program Pascasarjana Matematika FMIPA UI.

Data Science merupakan salah satu bidang ilmu multidisiplin yang ditopang secara mendasar oleh Ilmu Matematika, Statistika dan Komputasi

Data Sains atau Ilmu Data adalah bidang multi-disiplin yang menggunakan metode, proses, algoritma dan sistem ilmiah untuk mengekstraksi pengetahuan dan wawasan dari data terstruktur dan tidak terstruktur yang besar (Big Data).
Ilmu data adalah “konsep untuk menyatukan statistik, analisis data, pembelajaran mesin dan metode terkait” untuk “memahami dan menganalisis fenomena aktual” dengan data. Ini menggunakan teknik dan teori yang diambil dari banyak bidang dalam konteks matematika, statistik, ilmu komputer, dan ilmu informasi.

Pemenang penghargaan Turing, Jim Gray, membayangkan sains data sebagai “paradigma keempat” sains (empiris, teoretis, komputasi, dan sekarang didorong oleh data) dan menegaskan bahwa “segala sesuatu tentang sains berubah karena dampak teknologi informasi” dan banjir data. Berdasarkan riset tahun 2015, American Statistics Association mengidentifikasi manajemen basis data, statistik dan pembelajaran mesin, dan sistem paralel dan terdistribusi sebagai tiga komunitas profesional dasar yang muncul.

Ilmu data terus berkembang sebagai salah satu jalur karier yang paling menjanjikan dan diminati bagi para profesional yang terampil. Saat ini, para profesional data yang sukses memahami bahwa mereka harus maju melewati keterampilan tradisional dalam menganalisis sejumlah besar data, data mining, dan keterampilan pemrograman. Untuk mengungkap intelijen yang berguna bagi organisasi mereka, para ilmuwan data harus menguasai spektrum penuh siklus hidup ilmu data dan memiliki tingkat fleksibilitas dan pemahaman untuk memaksimalkan pengembalian pada setiap fase proses.

Saat ini DSC LST FMIPA UI telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga riset unggulan seperti: School of Data Science, Perdana University, Malaysia dan Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FK UI. Selain itu untuk incubator bisnis dan link-and-match antara DSC dan industry, DSC disupport oleh Samsung Riset dan Development Institute (SRIN), UMG IdeaLab, Global Risk Management (GRM) dan Aksaramaya.

What is Data Science?

Data science continues to evolve as one of the most promising and in-demand career paths for skilled professionals. Today, successful data professionals understand that they must advance past the traditional skills of analyzing large amounts of data, data mining, and programming skills. In order to uncover useful intelligence for their organizations, data scientists must master the full spectrum of the data science life cycle and possess a level of flexibility and understanding to maximize returns at each phase of the process.